Tips Mempercepat Pemulihan Stroke Yang Paling Efektif

Melakukan beberapa tips mempercepat pemulihan stroke dapat membantu mereka yang pernah menderita penyakit stroke agar bisa menjalani aktivitas sehari-hari secara mandiri serta membantu menjaga fungsi otak yang masih dapat dipertahankan.

Tips Mempercepat Pemulihan Stroke Yang Paling Efektif

Stroke merupakan penyakit serius yang terjadi ketika aliran darah dari jantung menuju otak mengalami gangguan, dimana gangguan ini bisa disebabkan oleh gumpalan darah yang menghalanginya atau karena pembuluh darah di otak yang pecah.

Jika darah kaya oksigen tidak mengalir ke otak dengan lancar, maka sel otak akan mulai mati atau bahkan mengalami kerusakan otak permanen. Sehingga orang yang pernah terserang stroke sering kali mengalami penurunan fungsi otak, berupa gangguan berbicara, mengingat, bergerak dan lain sebagainya.

Memulihkan kemampuan tubuh setelah terserang penyakit stroke merupakan proses panjang yang memerlukan kesabaran, kerja keras, dan komitmen yang kuat untuk sembuh.

Tips Mempercepat Pemulihan Stroke Yang Paling Efektif

Mengingat dampak pasca terserang stroke dapat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, maka untuk bisa benar-benar pulih dari penyakit ini memerlukan waktu yang cukup panjang. Namun sebagian besar penderita stroke sangat sulit untuk bisa pulih sepenuhnya.

Meski demikian, ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan setelah terserang stroke untuk meningkatkan kerja otak dan mempercepat proses pemulihan. Dan berikut beberapa tips yang bisa penderita stroke lakukan, yakni :

Terapkan Pola Makan Sehat

Menerapkan pola makan sehat sangat penting untuk dilakukan oleh orang yang pernah menderita stroke. Pola makan yang sehat akan membantu untuk membiasakan otot-otot saluran pencernaan agar kembali mengkonsumsi makanan setelah mengalami kelemahan.

Jenis makanan yang disarankan yaitu makanan dengan tekstur halus dan padat dengan nutrisi yang baik bagi otak, seperti asam lemak omega-3 dari makanan berbahan dasar ikan laut yang baik untuk pertumbuhan saraf otak dan mencergah gangguan penurunan fungsi kognitif.

Seseorang yang pernah menderita stroke, sebaiknya hindari makanan yang sulit dicerna serta hindari juga makanan tinggi garam untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil sekaligus mencegah risiko serangan stroke akibat hipertensi.

Terapi Bicara

Setelah terkena penyakit stroke, gangguan bicara merupakan salah satu dampak yang bisa terjadi. Melakukan terapi bicara dapat membantu penderita melatih kemampuan berbicara serta melatih otot-otot menelan.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih kemampuan bicara pasca stroke yaitu meminta penderita menelan 50 ml air serta menilai seberapa baik penderiat dalam memahami kata atau kalimat.

Melakukan Terapi Kognitif Prilaku

Terapi kognitif prilaku atau CBT (Cognitive Behavioral Therapy) adalah terapi yang dilakukan untuk membantu melatih cara berpikir dan cara bertindak seseorang dalam merubah perilakukanya. Salah satu cara yang dilakukan dalam terapi kognitif yaitu melakukan komunikasi lisan dengan orang yang pernah terserang penyakit stroke.

Namun sebelum memutuskan memilih terapi kognitif perilaku sebagai bentuk terapi yang akan dijalani, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan terapis mengenai pertimbangan tersebut dan faktor lainnya.

Baca Juga : Gejala Stroke Infark Pada Usia Muda

Tidur Yang Cukup

Tidur adalah hal penting bagi setiap orang, terlebih lagi bagi orang yang dalam masa pemulihan setelah stroke. Tidur merupakan waktu bagi otak untuk beristirahat, mengurangi stres dan mengolah informasi menjadi ingatan jangka panjang.

Bagi orang yang pernah menderita stroke, waktu tidur adalah waktu yang penting untuk tubuh dan otak memulai proses pemulihan dan pembentukan sel-sel baru. Tidur yang cukup dapat memastikan anda melalui tahap tidur REM (fase bermimpi) yang lebih berkualitas.

Olahraga Teratur

Melakukan olahraga setelah stroke sangat membantu dalam proses pemulihan tubuh dan meningkatkan kemampuan berpikir. Dengan olahraga secara teratur, jantung akan lebih mudah menyalurkan darah beroksigen ke otak.

Asupa oksigen yang cukup ke otak akan meningkatkan produksi serotonin dan endorfin, kedua hormon ini diperlukan untuk menjaga mood agar tetap stabil. Rutin melakukan olahraga juga dapat mencegah anda dari stres.

Itulah beberapa tips mempercepat pemulihan stroke yang dapat dilakukan oleh orang yang setelah terkena penyakit ini. Menerapkan gaya hidup sehat juga penting dilakukan, guna mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi.

Selain itu untuk mempercepat proses pemulihan stroke juga, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat herbal yang memiliki khasiat serta manfaat baik untuk penyakit stroke.

Hal yang perlu anda catat adalah dalam memilih obat herbal untuk membantu kesembuhan anda, pilihlah obat herbal yang telah berlegalitas resmi BPOM RI dan berlabel HALAL MUI. Dengan begitu, keamanan dan kehalalan produknya pun terjamin.

Bagi anda yang ingin mengetahui, apa obat herbal yang dapat membantu menyembuhkan stroke sekaligus mempercepat proses pemulihan stroke yang aman dan paling direkomendasikan, anda dapat langsung mengunjungi halaman berikut => Obat Stroke Ringan dan Berat Herbal

Kunci utama agar bisa terbebas dari penyakit stroke adalah jangan pernah menyerah dan teruslah berusaha dalam memperoleh kesembuhan yang lebih baik.

Mungkin hanya itu saja informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi terkait tips mempercepat pemulihan stroke ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda.

Terimakasih atas kunjungannya dan semoga lekas sembuh, jangan lupa share ke yang lain bila menurut anda informasi ini bermanfaat:-)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*