Tips Efektif Mencegah Penyakit Stroke Berulang

Tips Efektif Mencegah Penyakit Stroke Berulang

Tips Efektif Mencegah Penyakit Stroke Berulang ,- Penyakit stroke bisa menyerang kepada siapa saja yang memiliki penyakit jantung dan hipertensi. Setelah seseorang terkena stroke ringan, tentunya hal ini masih dapat diatasi meskipun tetap mengakibatkan kelumpuhan pada syarat-syaraf kita.

Tetapi akan sangat berbahaya apabila seseorang terserang penyakit stroke untuk kedua kalinya. Hal ini tentu akan menyebabkan serangan dan kelumpuhan total pada bagian tubuh.

Kondisi tersebut tidak diketahui kapan datangnya, terkadang tiba-tiba dan juga perlahan. Tidak ada yang bisa dilakukan selain terapi dan melakukan pencegahan penyakit stroke berulang sebelum hal tersebut mengenai kita.

Pencegahan Penyakit Stroke Berulang

Tips Efektif Mencegah Penyakit Stroke Berulang

Mencegah lebih baik daripada mengobati, hal ini karena dengan mencegah kita dapat menghindari berbagai macam dampak buruk akibat penyakit stroke seperti kelumpuhan, gangguan keseimbangan dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapan tips efektif mencegah penyakit stroke berulang yang dapat anda lakukan :

Mengetahui Penyebab Stroke
Langkah awal yang harus anda lakukan adalah mencari apa yang menjadi penyebab stroke anda. Penyakit ini umumnya dipengaruhi oleh penyumbatan, penyempitan dan pecahnya pembuluh darah.

Tidak hanya itu saja, anda juga harus melihat apakah diri anda termasuk orang yang memiliki faktor risiko terkena stroke. Faktor resiko stroke termasuk usia, jenis kelamin, ras dan genetik.

Menghindari Trauma Otak atau Cedera
Trauma atau cedera otak yang diakibatkan oleh benturan dapat menyebabkan seseorang mengalami pecahnya pembuluh darah. Kondisi ini adalah penyebab utama stroke. Akibat trauma juga akan menyebabkan kelumpuhan karena terganggunya bagian syaraf pusat otak.

Menjaga Pola Makan
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin dan berlemak bisa meningkatkan jumlah kolesterol dan hipertensi. Yang mana kedua kondisi ini merupakan pemicu terjadinya penyakit stroke.

Makanan rendah lemak dan tinggi serat sangat disarankan untuk kesehatan. Hindari konsumsi garam yang berlebihan, konsumsi garam yang baik adalah sebanyak 6 gram atau satu sendok teh per hari.

Kendalikan Emosi
Emosi merupakan gudangnya penyakit. Maka tidak heran jika orang yang sering emosi mudah sekali sakit-sakitan. Berbeda halnya dengan orang sabar, mereka akan lebih memiliki hidup sehat dibandingkan dengan orang yang emosi.

Hal ini terjadi karena ketika emosi beberapa kondisi tubuh akan muncul seperti jantung berdebar lebih cepat, nyeri ulu hati dan otot kepala mengalami penegangan. Kondisi-kondisi tersebutlah yang menyebabkan orang emosi lebih mudah terkena penyakit, khususnya stroke.

Kendalikan Stress
Tidak hanya emosi saja, namun stress juga dapat membuat otot di kepala menjadi menegang. Banyak orang yang terkena penyakit stroke karena stress. Sehingga tidak heran jika orang yang bekerja di bawah tekanan atau perusahaan rentan terkena stroke.

Hindari Merokok
Merokok bisa mengakibatkan atherosclerosis (pengerasan dinding pembuluh darah) dan membuat darah mudah menggumpal. Kondisi ini menyebabkan tubuh perokok lebih sering dan mudah terkena stroke.

Asap rokok yang masuk ke dalam tubuh juga menjadi sumber penyakit. Hal ini karena asap membuat penyempitan pembuluh darah. Apabila pembuluh darah menyempit, maka asupan darah dan oksigen pun tidak dapat sampai ke otak.

Olahraga Secara Teratur
Dengan berolahraga secara teratur, jantung dan peredaran darah dapat bekerja lebih efisien. Olahraga juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan menjaga berat badan serta tekanan darah agar normal.

Bagi orang berusia 19-64 tahun disarankan untuk melakukan aktivitas aerobik seperti jalan cepat atau bersepeda, setidaknya 150 menit seminggu yang dibagi menjadi beberapa hari dan ditambah dengan latihan otot 2 kali seminggu.

Jangan Konsumsi Alkohol
Alkohol mengandung kalori tinggi yang menyebabkan seseorang rentan terkena berbagai penyakit pemicu stroke seperti hipertensi dan diabetes. Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga akan membuat detak jantung menjadi tidak teratur.

Berjalan Sekitar 20 Menit Sehari
Jangan terlalu mengandalkan kendaraan setiap hari, setidaknya luangkan waktu untuk berjalan sekitar 20 menit perhari. Menurut sebuah studi, berjalan hingga 2 jam seminggu bisa mengurangi risiko stroke sebesar 30%.

Tidur Selama 7 Jam
Tidur lebih dari 10 jam dan bangun lebih pagi untuk pergi bekerja bisa meningkatkan risiko terkena stroke hingga 63%. Studi menunjukkan seseorang 2 kali lebih rentan terkena stroke jika tidurnya kurang dari 7 jam per hari.

Menurunkan Berat Badan
Jika anda termasuk orang dengan berat badan berlebih, sebaiknya turunkan berat badan anda. Karena kelebihan berat badan (obesitas) merupakan penyebab penyakit stroke. Penimbunan lemak pada tubuh akan mengakibatkan penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah.

Senyum
Sangat sederhana, anda hanya perlu senyum dan anda bisa mencegah penyakit stroke. Pasalnya dengan tersenyum, anda dapat melatih otot kepala menjadi rileks dan tidak tegang. Senyum juga akan membuat emosi semakin membaik.

Itulah beberapa Tips Efektif Mencegah Penyakit Stroke Berulang. Merubah gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat akan sangat membantu anda agar terhindar dari serangan stroke.

Posted by : obatstrokealami.my.id

1 Trackback / Pingback

  1. Obat Pencegah Kelumpuhan Akibat Stroke – OBAT STROKE RINGAN DAN BERAT

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*