Pola Tidur Yang Baik Agar Terhindar Dari Stroke

Pola Tidur Yang Baik Agar Terhindar Dari Stroke ,- Dewasa ini, banyak orang yang memiliki kebiasaan terjaga lebih lama di malam hari atau begadang. Faktor usia dan aktivitas sering kali menjadi penyebab berubahnya rutinitas tidur ini.

Kurangnya waktu tidur malam dan digantikan dengan tidur di siang hari adalah salah satu contoh dari perubahan pola tidur, dimana hal ini akan mengakibatkan tubuh tidak bekerja secara optimal. Dan tahukah anda, jika pola tidur yang kurang ini ternyata bisa memicu terjadinya stroke.

Pola Tidur Yang Baik Agar Terhindar Dari Stroke

Penelitian terbaru menunjukkan, bila orang dengan tekanan darah tinggi yang tidur kurang dari 5 jam atau lebih dari 8 jam mempunyai potensi lebih tinggi untuk menderita penyakit stroke.

Berdasarkan analisis data dari lebih 200.000 warga AS dengan tekanan darah tinggi. Para peneliti menyatakan jika orang yang tidur kurang dari lima jam setiap malam mempunyai 83% risiko menderita stroke, dibandingkan dengan orang yang tidur selama 7-8 jam.

Sementara bagi orang yang tidur lebih dari 8 jam, mempunyai risiko menderita stroke 74% lebih tinggi bila dibandingkan dengan orang yang tidur sehat.

Disamping meningkatkan risiko stroke, pola tidur yang buruk juga dapat menyebabkan masalah lain seperti mudah lelah, merasa lemas, mengantuk, mudah marah, dan sulit untuk berkonsentrasi di siang hari.

Karena itu penting bagi kita untuk mengatur pola tidur yang baik agar terhindar dari stroke dan penyakit lainnya. Agar mendapatkan waktu tidur yang ideal, cara terbaik untuk memulainya adalah dengan mengubah gaya hidup yang dijalani.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa mulai anda lakukan untuk mengatur pola tidur yang baik, antara lain :

  • Buat jadwal tidur berdasarkan waktu tidur yang ideal, lalu terapkan jam tidur tersebut setiap hari dengan konsisten.
  • Berolahraga secara rutin dan teratur, usahakan paling lambat selesai olahraga 3 jam sebelum tidur.
  • Ciptakan ruang tidur yang nyaman dengan suhu dan pencahayaan yang cukup.
  • Hindari makan atau minum sebelum tidur.
  • Jangan konsumsi alkohol atau kafein menjelang tidur.
  • Matikan gadget dan elektronik lainnya menjelang tidur.
  • Atur jadwal yang tepat untuk aktivitas fisik.
  • Hindari tertidur ketika waktu yang biasanya anda terjaga.

Baca Juga : Nutrisi Terbaik Yang Dibutuhkan Oleh Penderita Stroke

Penuhi waktu tidur untuk menjaga kualitas kesehatan tubuh anda, dan lakukan beberapa tips diatas untuk membantu anda agar mendapat pola tidur yang baik.

Dengan pola tidur yang baik secara teratur, kita akan bisa menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh dalam menjalani keseharian.

Pola Tidur Yang Baik Agar Terhindar Dari Stroke

1 Reply to “Pola Tidur Yang Baik Agar Terhindar Dari Stroke”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *