Penyebab dan Faktor Resiko Stroke

Penyebab dan Faktor Resiko Stroke

Penyebab dan Faktor Resiko Stroke ,-Stroke merupakan penyakit yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang, sehingga mengakibatkan sebagian sel-sel di area otak mati. Dan akhirnya sebagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang rusak pun tidak dapat berfungsi dengan baik.

Stroke termasuk jenis penyakit yang memerlukan penanganan dengan segera, karena sel otak dapat mati dalam hitungan menit. Tindakan penanganan yang tepat dapat mencegah penderita dari komplikasi stroke yang lebih berbahaya atau bahkan membahayakan nyawa.

Penyebab dan Faktor Resiko Stroke

Penyakit stroke dapat terjadi pada semua orang dari segala usia. Namun penyakit lebih berisiko terjadi pada orang dengan perilaku dan gaya hidup yang tidak sehat. Selain itu, kondisi medis tertentu pun dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit stroke.

Setiap bagian tubuh dikendalikan oleh bagian otak yang berbeda-beda. Meski demikian, bagian tubuh yang sering terkena stroke yakni wajah, lengan, dan mulut dengan gejala wajah menurun, lengan terasa lemas dan berbicara tidak jelas atau bahkan tidak bisa berbicara sama sekali meskipun penderita terlihat sadar.

Ciri awal gejala stroke lainnya yaitu mual, muntah, sakit kepala, penurunan kesadaran, kesulitan menelan, penglihatan ganda, gangguan pada keseimbangan dan koordinasi. Jika tidak segera ditangani dengan tepat gejala ini dapat semakin parah dan berpotensi menimbulkan gangguan lain seperti serangan jantung.

Penyebab Seseorang Terkena Stroke

Berdasarkan penyebabnya, stroke dibagi menjadi 2 jenis yakni :

Stroke Iskemik

Hampir 80% orang yang terserang stroke terkena stroke jenis ini. Yang mana stroke jenis ini terjadi karena pembuluh darah arteri yang membawa darah dan okisgen ke otak mengalami penyempitan atau tersumbat, akibatnya aliran darah ke otak pun terganggu. Kondisi ini disebut dengan Iskemia.

Jenis stroke iskemik juga di bagi ke dalam 2 jenis, yaitu :

  • Stroke Trombotik
    Penyakit stroke yang terjadi ketika gumpalan darah terbentuk di salah satu pembuluh darah arteri yang mengarah ke otak. Hal ini dapat dipicu oleh timbunan atau plak yang menumpuk di arteri dan mengakibatkan aliran darah menurun.
  • Stroke Embolik
    Pada jenis ini stroke dapat terjadi ketika gumpalan darah terbentuk dari bagian tubuh lain, seperti jantung. Gumpalan darah ini dapat terbawa hingga ke otak melalui aliran darah dan tersangkut di pembuluh darah otak, sehingga mengakibatkan arteri otak menyempit.

Stroke Hemoragik

Jenis stroke yang kedua yaitu stroke hemoragik yang terjadi ketika pembuluh darah dari otak pecah dan mengakibatkan pendarahan. Dimana pendarahan ini dapat dipicu oleh kondisi lain, seperti :

  • Tekanan darah tinggi yang tidak terkendali.
  • Melemahnya dinding pembuluh darah (aneurisma otak).
  • Melakukan pengobatan dengan antikoagulan (pengencer darah).

Siapa yang berisiko terkena stroke ?

Terdapat beberapa faktor yang meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit stroke, diantaranya :

  • Sering merokok.
  • Kurang berolahraga.
  • Gangguan Pernapasan.
  • Pernah mengalami Serangan Jantung.
  • Mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang.
  • Menderita penyakit tertentu, seperti hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, sleep apnea, dan penyakit jantung.
  • Seiring bertambahnya usia, risiko terkena stroke pun semakin tinggi dibandingkan orang yang berusia lebih muda.
  • Faktor keturunan, apabila Anda memiliki keluarga yang menderita penyakit stroke, maka resiko Anda terkena penyakit stroke semakin tinggi.

Sebagian besar faktor risiko stroke ini dapat dikendalikan sendiri, yakni dengan merubah gaya hidup sehat sejak dini. Meski demikian, ada juga beberapa faktor risiko stroke yang tidak dapat dikendalikan seperti usia dan faktor genetik.

Tidak hanya mencegah penyakit stroke, memulai gaya hidup sehat pun dapat membuat metabolisme tubuh Anda tetap terjaga. Sehingga Anda pun dapat terhindari penyakit lainnya, seperti penyakit jantung.

Bagi Anda yang sedang mencari pengobatan stroke, disini kami rekomendasikan agar melakukan pengobatan dengan Obat Stroke Ringan Dan Berat yang terbuat dari bahan alami, sehingga tidak akan menimbulkan efek samping dan tidak menyebabkan ketergantungan pada tubuh penderitanya.

Demikian artikel singkat kami mengenai Penyebab dan Faktor Resiko Stroke. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda agar terhindar dari penyakit stroke.

Terimakah terlah berkunjung dan menyimak artikel singkat kami. Salam Sehat 🙂

Posted by :

www.obatstrokealami.my.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*