Nutrisi Terbaik Yang Dibutuhkan Oleh Penderita Stroke

Mendapatkan nutrisi seimbang sangat diperlukan oleh penderita stroke. Karena dengan nutrisi yang tepat, penderita bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Dan berikut ini adalah nutrisi terbaik yang dibutuhkan oleh penderita stroke agar penyakit yang diderita tidak bertambah parah.

Nutrisi Terbaik Yang Dibutuhkan Oleh Penderita Stroke

Nutrisi Terbaik Yang Dibutuhkan Oleh Penderita Stroke

Asupan nutrisi yang tepat dan seimbang sangat diperlukan oleh orang yang sedang sakit, begitu pula oleh orang yang menderita stroke.

Dengan nutrisi yang tepat, sistem kekebalan tubuh penderita akan lebih kuat dalam melawan penyakit sekaligus mencega stroke yang diderita agar tidak semakin memburuk.

Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang diperlukan oleh penderita stroke, yakni :

Penuhi Kebutuhan Protein Anda

Salah satu nutrisi yang diperlukan oleh penderita stroke yaitu protein sebagai zat pembangun utama dalam tubuh. Menurut anjuran European Society for Parenteral and Enteral Nutrition (ESPEN), penderita stroke memerlukan setidaknya 1 sampai 1,2  gram protein per kg berat badannya perhari.

Artinya seorang penderita stroke yang memiliki berat badan 70 kg, memerlukan 70 gram protein dari total asupan hariannya. Kebutuhan ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang normal yang hanya membutuhkan sekitar 0,8 gram protein per kg berat badannya.

Meningkatnya kebutuhan protein ini diperlukan penderita untuk menggantikan protein otot yang pecah karena adanya peningkatan metabolisme akibat penyumbatan aliran darah di otak ataupun pecahnya pembuluh darah. Protein juga berguna untuk membantu regenerasi sel dan menjaga massa otot agar kemampuan bergerak lebih cepat pulih.

Adapun sumber protein bisa penderita dapatkan pada daging sapi atau ayam tanpa lemak, ikan, telur ayam, kacang-kacangan, susu skim, dan susu jenuh dalam jumlah terbatas.

Pilih Makanan Dengan Lemak Terbaik

Lemak jenuh yang tinggi dalam tubuh, hanya akan membuat kadar kolesterol darah naik. Hal ini hanya akan membuat penderita rentan mengalami stroke kembali atau serangan jantung mendadak.

Maka dari itu, menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi sangat penting untuk dilakukan penderita stroke.  Beberapa jenis makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi yaitu makanan yang digoreng, gajih pada daging, jeroan, dan kulit ayam.

Sebagai gantinya, penderita stroke dapat mengkonsumsi kacang-kacangan yang mengandung lemak baik seperti kacang almond. Atau penderita juga dapat mengkonsumsi buah alpukat serta ikan salmon sebagai makanan sumber lemak tak jenuh.

Penuhi Kebutuhan Vitamin Yang Menyehatkan Otak

Saraf-saraf otak mendapatkan energi dari vitamin yang terdapat pada makanan yang dikonsumsi. Mengetahui jenis vitamin penting untuk kita dilakukan, utamanya bagi orang yang menderita stroke. asupan vitamin yang tepat akan membantu otak penderita dalam mengendalikan pusat kendali dari perilaku, indera dan pergerakan tubuh.

Salah satu jenis vitamin yang bagus untuk penderita adalah vitamin E yang mengandung antioksidan dan berguna untuk melindungi sel-sel saraf di otak dari kerusakan. Vitamin E juga berfungsi untuk menjaga sel-sel saraf di otak dari kematian pasca serangan stroke.

Bagi lansia, vitamin E juga dipercaya dapat membantu meningkatkan fungsi memori. Namun perlu anda ingat, dosis yang berlebihan juga tidak baik karena daat mengakibatkan pembekuan darah pada penderita.

Seimbangkan Dengan Kebutuhan Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan nutrisi penting bagi perkembangan otak. Kekurangan nutrisi ini diketahui dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif otak dan meningkatkan risiko gangguan mental seperti depresi, gangguan bipolar, disleksia, dan skizofrenia.

Disamping itu, asam lemak omega-3 juga dapat mencegah penumpukan plak di dalam pembuluh darah. Namun anda perlu berhati-hati, karena konsumsi asam lemak omega-3 dalam dosis tinggi dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke hemoragik (perdarahan).

Meski demikian, secara umum asam lemah omega-3 memang memiliki sejumlah manfaat yang menyehatkan tubuh. Namun tidak semua manfaat tersebut sering dipublikasikan dengan benar adanya. Lebih baik memperoleh omega-3 dari bahan makanan alami dengan kadar yang tidak berlebihan.

Selain daripada nutrisi-nutrisi diatas, penderita stroke juga dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat, kalium dan magnesium. Jenis makanan ini dapat membantu menurunkan risiko stroke serta memperbaiki fungsi tubuh setelah stroke.

Nutrisi yang tepat dapat membantu otak dalam memengaruhi proses kognitif dan juga emosi penderita. Imbangilah dengan diet makanan seimbang dan olahraga yang cukup, perpaduan ini akan membantu penderita dalam meningkatkan kemampuan otak dan mengurangi gejala stroke yang terjadi.



I K L A N

TELAH HADIR NUTRISI TERBAIK UNTUK PENDERITA STROKE, WALATRA BRAIN NUTRITION..!!!

Terbuat Dari 100% Ekstrak Pegagan (Centella Asiatica)

*Beli 2, GRATIS ONGKIR KE SELURUH INDONESIA*

BELI SEKARANG


Walatra Brain Nutrition adalah produk herbal yang diformulasikan khusus untuk menjaga sekaligus mengobati berbagai permasalahan yang menyerang otak. Terbuat dari ekstrak pegagan asli yang 100% alami tanpa sedikitpun menggunakan bahan kimia didalamnya.

Legalitas Produk herbal ini TERJAMIN, karena telah mendapatkan izin edar resmi dari BPOM RI No: TR163392961 dan HALAL (حلال) MUI. Pesan Sekarang Juga ..!!

1 Reply to “Nutrisi Terbaik Yang Dibutuhkan Oleh Penderita Stroke”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *