Gejala Stroke Infark Pada Usia Muda

Obatstrokealami.my.id ,- Stroke infark adalah kerusakan jaringan otak akibat kurangnya suplai oksigen karena terhambatnya aliran darah ke daerah tersebut. Kondisi ini memerlukan penanganan dengan segera, dan berikut ini adalah beberapa gejala stroke infark pada usia muda.

Gejala Stroke Infark Pada Usia Muda

Gejala Stroke Infark Pada Usia Muda dan Akibat Yang Ditimbulkan

Penyakit stroke infark atau dikenal dengan infark serebral adalah kondisi dimana otak tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup akibat terganggunya pasokan aliran darah ke otak, sehingga jaringan dan sel otak akan mengalami kerusakan yang bisa bersifat permanen.

Tidak hanya pada kalangan lanjut usia (lansia) saja yang berisiko mengalami stroke infark. Namun penelitian menunjukkan, stroke infark juga dapat terjadi pada usia muda yaitu sekitar 15-25 tahun, utamanya orang dengan faktor risiko tertentu seperti diabetes, hipertensi, merokok, dan penyakit jantung.

Indikasi atau gejala penyakit stroke infark yang umumnya muncul dan sering dialami oleh penderitanya yaitu kesulitan ketika menggerakkan salah satu sisi tubuh, misalnya tidak dapat melakukan ekspresi wajah yang simetris, atau salah satu tangan tidak mampu menggenggam erat.

Gejala ini umumnya muncul secara mendadak dan bisa terjadi dimana saja. Selain kesulitan menggerakkan salah satu sisi tubuh, gejala lain yang mungkin dialami oleh penderita stroke infark yaitu :

  • Kebingungan.
  • Tubuh mudah lemas.
  • Mengalami kesulitan ketika berjalan.
  • Mati rasa pada wajah, lengan, atau tungkai.
  • Gangguan penglihatan pada satu atau kedua mata.
  • Sakit kepala mendadak parah tanpa diketahui penyebabnya.
  • Kesulitan ketika berbicara atau memahami ucapan orang lain.

Stroke infark termasuk kondisi darurat yang memerlukan penanganan dengan cepat. Penanganan dini pada stroke infark akan meminimalkan kerusakan otak dan potensi komplikasi yang ditimbulkan.

Untuk itu bila anda menemukan orang dengan salah satu atau beberapa gejala diatas, sebaiknya segera bawa ke dokter atau unit gawat darurat di rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Penyakit stroke infark pada usia muda (remaja) akan mengubah hidup mereka. Rehabilitasi pasca stroke infark akan membantu remaja untuk mencapai hasil terbaik yang dapat mengarah pada kehidupan bahagia, sehat, dan produktif.

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati !!!

Stroke infark dapat dicegah sedini mungkin dengan beberapa upaya untuk mencegah penyakit ini. Dimana upaya untuk mencegah stroke hampir sama dengan upaya pencegahan penyakit jantung, sebab keduanya berkaitan dengan kondisi kesehatan pembuluh darah.

Adapun upaya pencegahan stroke infark yang bisa dengan mudah anda lakukan yaitu menerapkan gaya hidup sehat dan menghindari faktor risiko yang ada. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah stroke infark, yakni :

  • Menjaga pola makan

Terlalu banyak konsumsi makanan asin dan berlemak dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah dan menimbulkan hipertensi, yang bisa memicu terjadinya stroke infark. Hindari konsumsi garam yang berlebihan. Konsumsi garam yang baik adalah 6 gram atau satu sendok teh per hari.

  • Mengkonsumsi buah dan sayuran

Mengkonsumsi buah atau sayuran minimal lima porsi setiap hari akan mengurangi stroke. Selain itu, dianjurkan juga untuk mengkonsumsi produk gandum utuh, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  • Mempertahankan berat badan yang seimbang

Berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan beberapa faktor risiko stroke, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit kardiovaskular, dan diabetes.

  • Olahraga secara rutin

Melakukan olahraga secara rutin akan membuat jantung dan sistem peredaran darah bekerja lebih baik. Olahraga juga dapat menurunkan berat badan dan tekanan darah tinggi.  Berolahraga dengan intensitas sedang setidaknya lima kali seminggu akan menurunkan risiko terkena stroke.

  • Berhenti merokok

Merokok dapat membuat darah mengental dan meningkatkan jumlah penumpukan plak di arteri. Orang yang merokok memiliki risiko dua kali lipat untuk menderita stroke. Tidak merokok akan mengurangi resiko stroke dan berbagai masalah lainnya seperti penyakit jantung.

  • Hindari konsumsi alkohol

Alkohol mengandung kalori tinggi, yang mana jika dikonsumsi secara berlebihan akan meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit pemicu stroke, seperti diabetes dan hipertensi. Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat membuat detak jantung menjadi tidak teratur.

Selain daripada upaya pencegahan tersebut, anda juga harus mengelola stres dengan baik dan menghindari penggunaan obat-obatan terlarang.

Apabila anda mulai merasakan gejala stroke infark, maka segeralah periksakan diri ke dokter agar mendapatkan pengobatan dan tindakan medis secepatnya.

Mungkin hanya itu saja yang dapat kami sampaikan terkait gejala stroke infark pada usia muda. Semoga apa yang telah disampaikan ini dapat bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu Anda.

*Terimakasih Atas Kunjungannya, Salam Sehat Dari Kami Azka Herbal

1 Trackback / Pingback

  1. Tips Mempercepat Pemulihan Stroke Yang Paling Efektif

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*