8 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah Manusia

Sangat penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana Cara Mudah Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah Manusia. Hal ini karena jika terjadi masalah pada pembuluh darah, maka sangat mungkin akan terjadi gangguan kesehatan.

Ingin tahu bagaimana cara menjaga kesehatan pembuluh darah tersebut ? Mari kita simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah Manusia

Pentingnya Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah Manusia !!

Pembuluh darah merupakan bagian dari sistem sirkulasi di dalam tubuh manusia yang memiliki peran penting untuk transportasi darah. Dimana pembuluh darah ini memiliki fungsi untuk mengalirkan oksigen dan nutrisi pada semua organ di dalam tubuh.

Fungsi pembuluh darah ini tergolong berat karena mereka harus terus-menerus mengalirkan darah selama hidup kita. Bagian tubuh ini mampu mengangkut lebih dari 6800 liter darah dalam sehari.

Sepanjang manusia hidup, pembuluh darah akan mengangkut darah hingga miliaran liter ke seluruh tubuh. Pembuluh darah manusia memiliki panjang hingga lebih dari 96 ribu kilometer atau setara dengan 2 kali mengelilingi bumi jika ditarik dalam garis lurus.

Mengingat perannya yang begitu vital, sangat penting bagi kita untuk menjaga agar pembuluh darah tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah Manusia

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah Manusia

Menjaga kesehatan pembuluh darah sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini karena melalui pembuluh darah ini, aliran darah akan mengalir menuju ke organ-organ di dalam tubuh, seperti jantung, otak, hati, ginjal, dan beberapa organ penting lainnya.

Dan berikut 9 cara menjaga kesehatan pembuluh darah manusia yang bisa Anda lakukan, antara lain :

  1. Olahraga Secara Teratur

Seperti yang kita ketahui, jika olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan berolahraga, aliran darah di dalam tubuh manusia akan tetap lancar. Olahraga juga berguna untuk membakar lemak, sehingga lemak yang ada di dalam pembuluh darah dapat berkurang.

Namun penting untuk ingat, jika durasi dan jenis olahraga yang diperlukan setiap orang berbeda. Orang yang menderita penyakit jantung tidak diperbolehkan untuk olahraga berat dan tidak disarankan untuk melakukan olahraga dalam waktu lama.

  1. Menjaga Tekanan Darah Agar Tetap Normal

Kebanyakan orang tidak mengetahui berapa tekanan darah yang dimilikinya, hal inilah yang menjadi penghalang untuk mengetahui seberapa sehat pembuluh darah Anda.

Tekanan darah dalam tubuh manusia sangat berpengaruh bagi kesehatan manusia tersebut. Jika tekanannya terlalu tinggi, ia akan merasakan pusing, sakit kepala dan mual. Karena itu, ada baiknya Anda mengukur tekanan darah setidaknya sekali dalam dua minggu.

  1. Menjauhi Rokok dan Asap Rokok

Bukan rahasia umum lagi, jika rokok dan asap rokok berbahaya bagi kesehatan. Kandungan nikotin yang terdapat di dalam rokok dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah bahkan dapat merusaknya.

Karena itu sebaiknya berhenti merokok dan hindari paparan asap rokok. Jika Anda termasuk pecandu rokok, Anda dapat berhenti dari rokok secara perlahan-lahan dan menggantinya dengan permen karet ataupun permen mint.

  1. Batasi Asupan Lemak

Lemak jenuh dan lemak trans yang terdapat di dalam makanan memiliki efek yang tidak baik bagi kesehatan pembuluh darah. Kedua jenis lemak ini dapat mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah dan jantung dari waktu ke waktu.

Karena itu sebaiknya mulailah konsumsi makanan yang mengandung asam lemak dan omega-3 seperti ikan salmon, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

  1. Istirahat Yang Cukup

Cara tepat untuk menjaga kesehatan peredaran darah yaitu dengan istirahat yang cukup. Jika kurang tidur, manusia akan lebih rentan terkena penyakit diabetes dan penyakit jantung.

Untuk itu Anda harus mencukupi jam tidur malam Anda sebanyak 8 jam dalam sehari. Dan bagi pekerja malam, sebaiknya istirahat yang cukup ketika siang hari.

  1. Hindari Makanan Yang Terlalu Banyak Garam dan Gula

Menghindari makanan yang banyak mengandung garam dan gula dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan darah, serta menjaga kinerja pembuluh darah agar tetap normal.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung garam dapat mengakibatkan hipertensi dan mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung gula dapat menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah.

  1. Mandi atau Berendam Air Hangat

Cara lain yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mandi atau berendam air hangat. Hal ini dapat membantu melancarkan aliran darah yang ada di dalam tubuh manusia.

Bila aliran darah lancar, maka kesehatan pembuluh darah pun akan terjaga. Selain itu, berendam dengan air hanya juga akan membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga Anda pun akan terhindar dari stres.

  1. Rutin Mengikuti Kegiatan Donor Darah

Selain bertujuan untuk menolong sesama, ternyata rutin mengikuti donor darah juga dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan darah. Loh kok bisa ? Bukankah jika kita donor darah, darah kita akan berkurang ?

Tentu tidak. Ketika kita donor darah, sumsum tulang belakang akan segera bekerja untuk memproduksi sel-sel darah merah yang baru dan lebih sehat. Sehingga darah kita pun tidak akan berkurang, malahan kita bisa mendapatkan pasokan darah yang baru dan sehat.

Baca Juga => Manfaat Daun Pegagan Bagi Penderita Stroke

Itulah berbagai cara mudah menjaga kesehatan pembuluh darah manusia yang bisa Anda lakukan. Kesehatan peredaran darah sangat penting karena berpengaruh terhadap fungsi organ manusia.

Karena itulah sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan bagian tubuh yang satu ini. Dengan melakukan beberapa cara yang telah disebutkan diatas, kinerja pembuluh darah pun akan lancar dan tetap sehat.

by post :

www.obatstrokealami.my.id

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Mengobati Stroke Berat Dengan Tanaman Herbal

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*