Anjuran Makanan Untuk Penderita Stroke

obatstrokealami.my.id ,- Untuk memulihkan kesehatan penderita stroke, selain terapi fisik diperlukan juga asupan makanan yang tepat. Inilah Anjuran Makanan Untuk Penderita Stroke yang dapat membantu memperkuat otot, memulihkan pembuluh darah jantung dan otak.

Nutrisi penting bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah sangat dibutuhkan oleh penderita stroke untuk membantu agar pengobatan yang sedang atau telah dilakukan memberikan hasil yang maksimal. Memilih makanan yang sehat juga dapat membantu mencegah stroke berulang.

Anjuran Makanan Untuk Penderita Stroke

Penyebab dan Ciri Awal Stroke

Stroke merupakan serangan mendadak pada gangguan pembuluh darah otak yang menyebabkan aliran darah ke otak terganggu. Yang mana kondisi ini terjadi akibat tersumbatnya atau pecahnya pembuluh darah di otak.

Pada awalnya stroke ditandai dengan terputusnya aliran darah dari jantung ke otak yang menyebabkan otak mengalami kematian sesaat karena semua sel-sel dalam otak berhenti berfungsi. Selain itu, oksigen dan kadar gula pada otak juga dapat berkurang sehingga dapat menyebabkan kematian.

Ciri awal dari penyakit stroke ini yaitu penurunan kesadaran, mual, muntah, gangguan pada keseimbangan dan koordinasi, kehilangan penglihatan secara tiba-tiba atau penglihatan ganda, sakit kepala hebat dan disertai dengan leher kaku dan kepala pusing berputar (vertigo).

Selain itu, penderita stroke juga akan mengalami kesulitan untuk makan karena kondisi sarafnya yang membuat mereka tidak dapat mengunyah atau menelan makanan dengan baik. Untuk itu, perencanaan diet sehat bagi penderita stroke harus diperhatikan.

Daftar Anjuran Makanan Untuk Penderita Stroke

Anjuran Makanan Untuk Penderita Stroke

Anjuran makanan yang sehat untuk penderita stroke pada umumnya adalah makanan yang mengandung serat dan bisa menyerap kolesterol jahat dalam darah. Berikut daftar Anjuran Makanan Untuk Penderita Stroke :

  1. Sayuran dan Buah

Mengkonsumsi banyak sayuran dan buah akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Konsumsi 200 gram sayuran setiap hari, dapat menurunkan 11% risiko terkena stroke. Sedangkan konsumsi 200 gram buah setiap hari dapat menurunkan 32% risiko terkena stroke.

Para peneliti mengklain bahwa konsumsi sayuran dan buah, utamanya jeruk, apel, pir, dan sayuran berdaun dapat melindungi tubuh dari risiko stroke. Hal ini karena sayuran dan buah dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan melancarkan aliran cairan dari pembuluh darah ke jaringan tubuh.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dalam mengatasi stroke sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah dengan banyak jenisnya seperti apel, mangga, pir, pisang, kiwi, aprikot, berry, plum, melon, pepaya, semangka, nanas, dan banyak jenis sayuran.

  1. Pilih Makanan dengan Lemak Yang Baik

Lemak jenuh yang tinggi dalam tubuh akan membuat kadar kolesterol naik. Hal inilah yang menyebabkan seseorang berisiko terkena stroke atau serangan jantung mendadak. Untuk itu, mulai sekarang hindari makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi, seperti gajih pada daging, jeroan, dan kulit ayam.

Sebagai gantinya, anjuran makanan untuk penderita stroke yaitu kacang-kacangan yang mengandung lemak baik bagi tubuh seperti kacang almond. Anda juga dpaat mengkonsumsi alpukat dan ikan salmon sebagai makanan sumber lemak tidak jenuh.

  1. Makanan Berserat Tinggi

Makanan berserat memiliki banyak sekali manfaat yang membuat penderita stroke harus memasukan makanan berserat ke dalam daftar menu harian mereka. Manfaat mengkonsumsi makanan berserat yaitu menurunkan kolesterol, membersihkan tubuh dari racun, menjaga berat badan agar tidak berlebihan, dan menjaga kesehatan jantung.

Makanan yang tinggi serat seperti alpukat yang berkhasiat untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, pisang yang menambah energi tubuh dan meningkatkan kesehatan pencernaan, serta pisang yang bermanfaat untuk meredakan panas dalam dan sebagai antioksidan alami.

Buah lainnya yang kaya akan serat yaitu apel, pepaya, jambu biji merah, kentang, brokoli, bayam, lobak, ubi jalar, kubis merah, kembang kol, kacang kedelai, dan labu. Buah yang kaya akan serat sangat baik untuk mencegah dan mengatasi penyakit stroke. Untuk itu, penuhi kebutuhan tubuh terhadap serat setiap harinya.

  1. Konsumsi Ikan

Mengkonsumsi ikan dan minyak ikan diketahui dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular dan membantu mengatasi permasalahan stroke. Sehingga jangan lupa untuk mengkonsumsi ikan, minimal seminggu sekali.

Penelitian Nurses Health Study menemukan bahwa konsumsi ikan mampu menurunkan risiko stroke, meskipun tidak signifikan. Penelitian juga menunjukkan hasil bahwa wanita yang teratur konsumsi ikan, memiliki risiko kecil terkena stroke, dibandingkan dengan wanita yang tidak (jarang) makan ikan.

  1. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan olahan yang berasal dari biji gandum. Yang mana oatmeal ini mengandung kalori, protein dan lemak yang berfungsi untuk memasok energi untuk tubuh, menjaga persendian cairan tubuh, membantu penyerapan vitamin dan memperbaiki jaringan sel tubuh.

Tidak hanya itu, oatmeal juga dapat menjadi pengganti nasi putih karena memiliki karbohidrat yang komplek dan serat yang mudah dicerna. Serat dalam oatmeal akan membantu proses penyerapan kolesterol dalam darah dan pengaturan kadar gula dalam darah.

  1. Roti Gandum

Roti gandum menjadi asupan yang sangat penting bagi penderita stroke. Kandungan gizi yang ada pada roti gandum yaitu karbohidrat, protein, serat, vitamin E, omega 3 dan asam folat. Dimana kandungan tersebut berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam darah dan meningkatkan regenerasi sel-sel pada otak.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat anda gunakan dalam pengolahan makanan sehat Anda. Minyak zaitun mengandung senyawa zaitun hydroxytirosol yang dapat membantu mengatasi penyempitan pembuluh darah penyebab stroke.

  1. Beras Merah

Beras merah merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk penderita stroke. Kandungan selenium pada beras merah dapat mencegah serangan stroke berulang. Selain itu, beras merah juga mengandung mangan yang dapat membantu proses sintesis lemak dalam tubuh dan mengaktikan sistem syaraf.

  1. Tomat

Tomat mengandung senyawa licopene yang berguna untuk mencegah radikal bebas. Licopene juga berguna untuk mengontrol proses peradangan dan kolesterol buruk dalam tubuh. Tomat dapat mencegah pembekuan darah yang sangat berbahaya pada penderita stroke.

  1. Ikan Makarel

Ikan makarel dapat membantu penderita stroke dalam melindungi jantung dan pembuluh darah. Ikan makarel mengandung omega 3 yang dapat menjaga peradangan pembuluh darah, meningkatkan sistem aliran darah, dan mengurangi resiko pembekuan darah.

Itulah Anjuran Makanan Untuk Penderita Stroke yang memang harus dikonsumsi agar dapat memulihkan dan mencegah terjadinya stroke berulang.

Tidak hanya harus mengkonsumsi makanan sehat diatas saja, namun penderita stroke juga menghindari atau bahkan tidak mengkonsumsi pantangan makanan penderita stroke, seperti : makanan berlemak, makanan yang digoreng, dan makanan tinggi kolesterol.

Dengan mengikuti gaya hidup sehat dan menyantap makanan sehat untuk penderita stroke, Anda bisa mencegah serangan stroke kembali terulang. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menikmati kehidupan yang lebih berkualitas meski pernah terkena stroke.

Posted by :

Anjuran Makanan Untuk Penderita Stroke

1 Trackback / Pingback

  1. 8 Tanaman Obat Tradisional Stroke Paling Ampuh – OBAT STROKE RINGAN DAN BERAT

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*